Gambar: Alat-alat leather work

Produk yang terbuat dari kulit bukan produk yang jarang kita lihat. Apalagi jika Anda tinggal di sekitar sentra industri kulit seperti Bandung atau Garut. Kulit, baik kulit asli maupun kulit imitasi, adalah salah satu material favorit untuk membuat produk-produk fashion. Kulit menjadi idola karena tampilan visualnya yang unik dan sifatnya yang kuat. Penggunaan produk fashion dari kulit pun tidak terbatas pada penggunaan yang bersifat pribadi, merchandise pun banyak terbuat dari kulit, baik kulit asli ataupun imitasi. Misalnya kulit digunakan untuk merchandise berupa card holder, passport case, atau dompet koin.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal alat-alat yang sering digunakan untuk mengolah kulit atau leatherwork untuk merchandise:

  1. Alat potong

Alat potong terdiri dari berbagai jenis. Alat potong yang paling umum adalah pisau utility, pisau putar, dan pisau melengkung. Tiap alat digunakan dengan tujuan yang berbeda.

Gambar: utility knife

2. Alas potong

Untuk melindungi meja kerja dari sayatan pisau. Alas potong yang digunakan sama seperti alas potong untuk kertas.

3. Diamond Chisel

Diamond chisel adalah alat untuk memberi lubang jahit pada kulit. Dalam satu diamond chisel terdapat beberapa mata pisau sehingga dapat memberi beberapa lubang dalam waktu bersamaan.

4. Mallet

Atau palu plastik. Alat ini digunakan untuk memukul diamond chisel ketika sedang melubangi kulit. Palu yang digunakan terbuat dari plastik agar tidak merusak diamond chisel.

5. Stitching Awl

Awl digunakan untuk melubangi kulit atau memperlebar lubang yang sudah dibuat. Bentuknya menyerupai pemecah es.

6. Jarum jahit kulit

Bentuknya menyerupai jarum jahit pada umumnya, hanya ukurannya saja yang lebih besar.

7. Skiver

Skiver adalah alat sejenis pisau yang digunakan untuk menyamak kulit atau menipiskan kulit yang terlalu tebal.

8. Edge Beveller

Alat ini digunakan untuk membentuk tepian kulit agar menjadi melengkung.

9. Groover

Alat ini digunakan untuk membuat jalur sebelum kulit dilubangi untuk dijahit. Jalur ini berguna untuk membuat lubang jahit segaris antara satu dengan yang lain.

10. Edge Burnisher

Alat ini digunakan untuk menggosok tepian kulit setelah dijahit. Tepian kulit digosok agar tidak mudah terburai sehingga kulit bisa tahan lama.

Alat-alat di atas merupakan alat standar yang umum digunakan dalam industri kulit. Alat yang baik tentu akan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik pula. McBlush Merchandise Service bekerja sama dengan perajin kulit berkualitas dari Bandung, hasilnya dijamin rapi dan memuaskan.